Lifestyle

Wabah Corona Bikin Panik, Hati-Hati Terjebak Mitos Salah Ini

ilustrasi wabah corona | unsplash.com/@Martin Sanchez

Kontenita.com, Virus Covid-19 yang menyebar ke banyak negara dalam waktu cepat memang membuat siapa pun jadi galau. Ditambah banyaknya informasi keliru yang didapat dari media sosial hingga omongan dari mulut ke mulut, menambah kepanikan. Khawatir boleh, tapi harus tetap waspada dengan berbagai mitos yang beredar. Begini kebenarannya!

Virus mati di cuaca sangat dingin atau panas

Suhu tubuh manusia normal tetap berkisar 36,5° hingga 37° Celcius, terlepas dari suhu lingkungan atau cuaca. Begitu juga cuaca panas dan lembap pun virus tetap dapat ditularkan dari orang ke orang lain. Cara terbaik untuk melindungi diri sendiri dari coronavirus adalah dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih, atau pakai hand sanitizer saat berada di luar rumah.

Mandi air panas mematikan virus

Faktanya, mandi air panas nggak bisa mencegahmu untuk tertular penyakit corona. Justru lebih berbahaya karena dapat membuat kulit terbakar dan lebih rentan pada infeksi. Selain lebih sering membersihkan tangan dengan sabun atau sanitizer, cara lainnya yang efektif melindungi diri dari paparan virus adalah menghindari menyentuh mata, mulut dan hidung.

Dapat ditularkan lewat gigitan nyamuk

Sampai saat ini belum ada informasi atau bukti yang menunjukkan jika COVID-19 dapat ditularkan oleh nyamuk. Virus yang menyerang sistem pernafasan ini menyebar lewat droplet yang keluar saat penderita batuk atau bersih, lewat tetesan air liur maupun keluarnya cairan dari hidung. Untuk melindungi diri, sebaiknya hindari kontak dekat dengan siapa saja yang batuk maupun bersin.

Menyemprotkan alkohol ke seluruh tubuh dapat melindungi diri

Kenyataannya, tidak. Menyemprotkan alkohol atau klorin ke seluruh tubuh nggak akan membunuh virus yang telah memasuki tubuh. Menyemprotkan zat-zat semacam itu justru dapat merusak pakaian atau membahayakan selaput lendir seperti mata atau mulut. Alkohol dan klorin dapat digunakan sebagai disinfektan, untuk membersihkan permukaan barang-barang yang sering digunakan, itu pun harus dengan cara dan dosis yang tepat.

Makan bawang putih mencegah coronavirus

Bawang putih merupakan bahan makanan yang diyakini memiliki kemampuan antimikroba. Sayangnya, belum ada bukti dari pernyataan ini, tapi ada baiknya memperbaiki pola makan dengan konsumsi makanan sehat dan bernutrisi, misalnya kaya vitamin V, Zinc, maupun antioksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuh.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top