Kesehatan

Terpaksa WFH Gara-Gara Corona, Cegah Otot Kaku dengan Peregangan Mudah Ini

Ilustrasi Aktifitas Saat WFH | iStock

Kontenita – Virus COVID-19 belum menunjukkan tanda-tanda melemah di tanah air. Pemerintah pun menghimbau warga untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, salah satunya Work From Home. Walau mengurangi risiko terhindar dari penyakit yang menyerang sistem pernafasan ini, seringkali kamu mengeluhkan kondisi tubuh yang kaku karena posisi tubuh saat bekerja. Untungnya, pegal dan nyeri otot ini bisa diatasi dengan peregangan mudah ini.

Neck Release

Foto | iStock

Leher yang terasa tegang bisa disebabkan akibat terlalu lama menghabiskan waktu di depan laptop atau komputer. Selain itu, kepala dan rahang pun jadi terasa sakit dan kaki. Jika dibiarkan, bisa-bisa bikin produktivitas saat bekerja dari rumah jadi menurun.

Coba atasi dengan melakukan beberapa langkah peregangan sederhana. Mulai dengan memiringkan kepala ke arah bahu kanan dan pandangan diarahkan ke atas. Lalu gunakan tangan kanan untuk menarik kepala perlahan ke arah bahu dan di saat yang bersamaan putar kembali leher dengan pandangan ke bawah. Lakukan lima kali dan ulangi di sisi lainnya.

Sit and Reach

Setelah seharian bekerja, tanpa disadari bagian belakang tubuh jadi kaku dan merasa nyeri jika digunakan untuk membungkuk. Untuk menghindari otot-otot punggung yang berubah kaku, coba lakukan peregangan diawali dengan duduk di lantai lalu lipat kaki sebelah kanan.

Posisi telapak kaki menempel ke samping paha kiri. Tarik nafas lalu bungkukkan badan dan usahakan jari tangan menyentuh jari kaki atau pergelangan kaki. Tahan sebanyak 10 kali nafas penuh dengan jeda 5 detik untuk setiap tarikan nafas.

Seated Figure

Biar tubuh terbebas dari nyeri dan kaku, terutama pada pinggul punggung maupun lutut, lakukan peregangan mudah ini. tanpa perlu meninggalkan tempat duduk, awali dengan duduk di atas kursi dengan menyilangkan pergelangan kaki dan meletakkannya di atas lutut. Pelan-pelan dorong pergelangan lutut ke bawah. Tahan selama 10 nafas penuh dan jeda 5 detik di antara setiap nafas lalu ulangi sisi lainnya.

Ada juga peregangan lainnya seperti Doorway Stretch bagi mereka yang merasa duduk terlalu lama. jangan biarkan mempengaruhi postur tubuh dengan melakukan peregangan yang menggunakan bantuan pintu. Cukup berdiri di depan pintu yang terbuka lalu letakkan kedua tangan di sisi kanan dan kiri dengan menekuk siku sebanyak 90 derajat. Condongkan tubuh ke depan hingga posisi tegak dan tangan tetap berada di pintu. Siap mencobanya?

https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-4953660/4-olahraga-peregangan-mudah-untuk-mencegah-kaku-otot-saat-wfh

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top