Kesehatan

Saatnya Jaga Imunitas Tubuh dengan Pola Makan Sehat Demi Cegah Corona

Ilustrasi Makan Sehat| @Maddi Bazzocco dari Unsplash

Kontenita – Makin maraknya virus COVID-19 yang menyerbu dunia, banyak yang mulai bertanya bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh. kebanyakan memilih mengandalkan suplemen multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. padahal ada cara lainnya yang mengoptimalkan kekebalan tubuh lewat pola makan yang sehat.

Beta Karoten

Beta karoten dalam tubuh akan dikonversi menjadi vitamin A, yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat, dengan membantu antibodi merespons racun dan zat asing. Jika selama ini kamu mengetahui cara mendapatkan beta karoten dari suplemen, coba masukkan bahan makanan seperti ubi jalar, wortel, mangga, bayam, kangkung, brokoli, labu, dan blewah.

Vitamin C

Ini dia nutrisi yang dianggap mampu menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C bekerja dengan meningkatkan kadar antibodi dalam darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin C minimal 200 miligram dapat sedikit mengurangi durasi gejala pilek. Jika selama ini kamu memilih menelan suplemen multivitamin yang menjanjikan asupan vitamin C, ganti dengan kombinasi makanan seperti jeruk, kiwi, stroberi, kubis, paprika merah dan hijau, brokoli, kubis dan kembang kol yang dimasak.

Vitamin D

Bukan hanya baik bagi kesehatan tulang, vitamin D berperan penting dalam produksi protein yang khusus membasmi bakteri dan virus dalam tubuh. Selain itu, vitamin D juga meningkatkan kerja dan jumlah sel darah putih dalam mengurangi penyebaran bakteri dan virus. Cara mendapatkan vitamin D cukup mudah yaitu dengan berjemur sinar matahari pagi dan menunjang dengan berbagai sumber nutrisi. Mulai dari telur, susu, keju, tahu dan jamur.

Zinc

Nutrisi yang satu ini tengah naik daun karena dianggap dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. dari penelitian terlihat bagaimana suplemen zinc dapat mempersingkat durasi gejala pilek. Tak perlu repot mencari suplemen dengan kandungan zinc karena ada beberapa sumber yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari kacang-kacangan, buncis, kepiting, lobster, daging sapi hingga yogurt.

Protein

Macronutrisi yang satu ini berperan penting dalam produksi antibodi dan memastikan sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik. Untungnya ada banyak pilihan bahan makanan yang tinggi protein, mulai dari ikan, ungags, daging sapi, olahan susu, hingga kacang-kacangan.

Yuk, lindungi diri dan orang terdekat dengan memperkuat sistem imunitas tubuh lewat pola makan yang sehat.

https://edition.cnn.com/2020/03/25/health/immunity-diet-food-coronavirus-drayer-wellness/index.html

https://www.insider.com/how-to-boost-immune-system

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top