Kesehatan

Berjemur Buat Cegah Corona, Ini Manfaat Hebatnya Sinar Matahari Pagi Buat Kesehatan

Ilustrasi Berjemur | Sage Friedman dari Unsplash

Kontenita – Semenjak pandemi Corona, banyak yang kini mulai memperhatikan kesehatannya, salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh. ada satu tips yang kini banyak dilakukan yaitu dengan berjemur sinar matahari yang disebut-sebut dapat mematikan virus. Walau belum terbukti, sinar matahari pagi juga punya banyak manfaat lain buat kesehatan, lho.

Membangun tulang kuat

Paparan radiasi ultraviolet-B dalam sinar matahari memicu produksi vitamin D. Vitamin D yang dihasilkan berkat sinar matahari berperan besar dalam kesehatan tulang. Kadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan rakhitis pada anak-anak dan pengeroposan tulang seperti osteoporosis.

Menurunkan tekanan darah

Sekelompok peneliti di Universitas Edinburgh menemukan bahwa senyawa nitric oxide yang membantu menurunkan tekanan darah dilepaskan ke dalam pembuluh darah segera setelah sinar matahari menyentuh kulit. Paparan sinar matahari terbukti bukan hanya dapat meningkatkan kesehatan, tetapi juga memperpanjang hidup, dengan menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung maupun stroke.

Meningkatkan fungsi otak

Selain meningkatkan kesehatan tulang, para ilmuwan mengaitkan vitamin D dengan sejumlah fungsi di seluruh tubuh, termasuk fungsi otak. Salah satu penelitian di Inggris menunjukkan jika semakin rendah kadar vitamin D maka akan semakin rendah pula fungsi kognitif.

Hal ini juga didukung penelitian lainnya jika sinar matahari dapat membantu memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus. Bagian dari otak inilah yang bertanggung jawab untuk membentuk, mengatur, dan menyimpan memori.

Meringankan stres

Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan kondisi yang disebut seasonal affective disorder atau dikenal sebagai depresi yang umum terjadi di musim dingin atau pada orang-orang yang menghabiskan waktu berjam-jam dalam gedung perkantoran. Tapi paparan sinar matahari yang cukup dapat meningkatkan antidepresan alami di orak yang dapat meringankan stres.

Meningkatkan kualitas tidur

Ketika sinar matahari mengenai mata, otak akan menghentikan produksi melatonin (hormon yang membuatmu mengantuk dan membantumu tidur. Tubuh mendapat sinyal yang jelas bahwa ini bukan lagi malam dan membantu mempertahankan ritme tidur yang normal.

Ketika gelap di luar, tubuh mendapatkan sinyal itu lagi dan merasa lelah dan mengantuk pada waktu tidur. Buka tirai di kamar dan singkirkan kacamata hitam saat berjemur di pagi hari untuk memungkinkan kualitas tidur yang lebih baik.

Yuk, luangkan waktu di pagi hari untuk berjemur sinar matahari setiap hari.

https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/10-amazing-health-benefits-sun-exposure.html

https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-4954312/10-manfaat-berjemur-sinar-matahari-pagi-hari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

To Top